Efek Foto Warna Mata Pelangi di Photoshop

Warna mata manusia berbeda-beda. Dan meskipun warna pelangi sepertinya adalah hal yang mustahil bagi mata manusia, toh saya tidak bisa menyalahkan imajinasi dalam diri.

Dengan adanya efek foto warna mata pelangi yang akan dibuat dengan Photoshop ini, semoga ini juga bisa menjadi trigger bagi kreativitas kita secara bersama untuk menghasilkan karya yang unik.

Dan dalam tutorial ini sendiri, penggunaan versi Photoshop yang digunakan entah ada batasannya atau tidak. Yang jelas, bisa menggunakan CS6 hingga CS 3 dan CS 2 kayaknya. Apalagi versi selanjutnya seperti Photoshop CC dan sebagainya.

Yang penting dan harus digaris bawahi adalah, terdapat tool seperti:
  1. Layer Mask untuk mendukung "penyempurnaan" bentuk mata hasil seleksi atau tool lain dengan fungsi yang sama.
  2. Blending Options atau yang biasa kita kenal sebagai Layer Styles untuk membuat paduan warna pelangi atau tool sejenis yang mendukung warna gradasi (Gradient).
Syarat penggunaan versi PS dalam menerapkan panduan ini memang itu saja yang paling penting.

Hal ini saya sampaikan agar kalian tidak ragu dan berpikir bahwa Photoshop yang digunakan saat ini sudah terlalu lama (outdated).

Jadi tidak ada alasan lagi untuk belajar merubah warna mata foto yang biasa (natural) menjadi warna pelangi.

Contoh hasil akhir yang saya dapatkan bisa dilihat pada gambar dibawah.

Cara membuat efek foto warna mata pelangi di Photoshop

Proses pembuatan efek foto tersebut sebenarnya bisa dikatakan mirip banget dengan cara mengubah warna mata di Photoshop yang sudah saya publikasikan.

Pada penggunaan tool dan fitur yang digunakan memang berbeda namun memiliki fungsi yang sama.

Contohnya misal pada cara melakukan seleksi. Jika pada panduan sebelumnya saya menggunakan Quick Selection Tool untuk memilih area mata, kali ini saya cukup memakai Shape saja.

Hal itu saya lakukan demi variasi dan juga pengingat bahwa tujuan yang sama bisa dicapai dengan alat yang berbeda-beda dalam menggunakan software yang sangat populer ini.

Baiklah!

Jika kalian sudah menyiapkan (membuka) foto sebagai bahan praktek kali ini di Photoshop, silahkan ikuti langkah-langkah yang akan saya uraikan sebagaimana berikut.

1. Membuat 2 layer transparan baru dengan Ellipse Tool

Karena foto yang saya gunakan menampilkan kedua mata objek dan bentuk mata tersebut juga menurut saya seolah bulat sempurna ketika di-zoom, maka untuk menyamakannya, saya mengadopsi 2 bentuk mata bulat tersebut menggunakan Shape yang bernama Ellispe Tool.

Cara membuat seleksi mata melingkar menggunakan Ellipse Tool

Shape mata sebelah kanan dan juga kiri masing-masing tersebar pada 2 layer yang berbeda.

Kalau kalian mengedit foto yang hanya menampilkan 1 mata saja, berarti layer barunya cukup 1 saja. Untuk membuat shape lingkaran yang bulat sempurna, tekan Shift sambil membuat bulatannya.

Jika sudah , klik kanan pada layer tersebut dan ubah menjadi Rasterize Layers karena Shape biasanya dalam betuk vektor sedangkan kita bekerja menggunakan foto yang bersifat raster.

Cara membuat Rasterize Layer di Photoshop

Saat kalian menggunakan Ellipse Tool, lingkaran yang dibuat boleh diisi warna apapun. Yang penting tidak mengandung garis tepi (Stroke)karena tidak dibutuhkan sama sekali.

2. Membuat bentuk lingkaran mata (Shape) sesuai dengan mata pada objek foto menggunakan Layer Mask

Tahap kedua adalah dengan mengubah Blend Mode layer lingkaran mata yang baru dibuat tadi menjadi Color.

Kemudian, aktifkan Layer Mask pada layer lingkaran yang tadi dibuat dan pilih Brush Tool dengan warna Foreground: Hitam dan Background: Putih.

Setelah itu, sapukan Brush tersebut pada bagian lingkaran mata yang akan disembunyikan karena sejak awal kita membuat bentuk mata bulat dan kini saatnya menyesuaikan bentuknya dengan mata pada gambar asli.

Tahapan menggunakan Brush dan Layer Mask di Photoshop

Panduan merubah warna mata pada link diatas juga sudah saya jelaskan sedikit mengenai penggunaan kombinasi tool Brush dan Layer Mask. Jika bingung, kunjungi saja dulu.

Sampai disini belum ada kendala apapun kan?

3. Merubah warna mata asli menjadi warna pelangi menggunakan Blending Options

Di awal sudah saya sampaikan bahwa salah 1 tool yang penting untuk digunakan pada tutorial ini adalah Blending Options/Layer Styles.

Tahapannya adalah klik kanan pada salah satu layer mata yang sebelumnya dibuat dan pilih Blending Options.

Saat fiturnya sudah terbuka, langsung arahkan pilihan untuk bekerja atau mengaktifkan (centang) pada Gradient Overlay karena disanalah warna mata pelangi akan kita gunakan.

Berikut langkah serta pengaturan yang saya terapkan.

Cara merubah warna mata pelangi di Photoshop dengan Blending Options

Pada bagian Blend Mode, pilih Color dan pada Gradient, temukan dan pilih warna pelangi dimana paduan warna tersebut merupakan salah satu gradasi warna bawaan (default) dari Photoshop.

Jangan lupa bahwa Style yang harus dipilih adalah Angle dengan sudut 90° serta Scale:150% (full).

Tips:
Kalian bisa merubah posisi warna gradasi pada objek langsung dengan memilih lingkaran mata dan menggerakannya menggunakan mouse saat Blending Options masih terbuka. Coba saja!

Klik OK jika sudah selesai untuk menutup kotak dialog tersebut dan mengakhiri sesi pada tahap ketiga ini.

4. Duplikat efek warna mata pelangi pada layer mata lainnya (Opsional)

Jika kalian hanya mengedit foto dengan 1 mata saja, maka proses pengeditannya sudah selesai.

Namun jika seperti foto yang saya gunakan, maka pada layer bentuk mata yang satunya tidak perlu repot mengikuti tahapan ketiga diatas sejak awal.

Cukup dicopy-paste saja efek pada Blending Options yang tadi.

efek Blending Options di Photoshop bisa dicopy-paste ke layer lain

Sebagaimana gambar diatas, caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada layer yang sudah memiliki efek Blending Options tadi, lalu pilih Copy Layer Style.

Kemudian, pilih layer mata lainnya (yang kedua) terus klik kanan dan klik Paste Layer Style.

Lebih lanjut mengenai hal ini sudah pernah saya bahas juga dalam teknik copy-paste efek Blending Options di Photoshop. Silahkan dikunjungi.

Dan, langkah ke-4 diatas sekaligus merupakan proses terakhir dalam tutorial ini.

Cek kembali hasil akhir yang sudah kalian peroleh apakah sudah sesuai dengan warna mata pelangi yang diharapkan atau perlu dilakukan perubahan.

Efek perubahan warna mata ini tidak selalu harus menjadi warna pelangi. Coba juga untuk berekspresi menggunakan warna gradasi lainnya untuk berkreasi lebih lanjut.

Ada tanggapan? Sampaikan lewat komentar dibawah. Bagikan juga tulisan kali ini untuk membantu proses belajar teman lainnya. Terima kasih.

Komentar

Baca juga: