Cara Ganti Gambar Latar Foto di Photoshop

Cara mengganti atau mengubah gambar latar belakang (background) foto menggunakan Photoshop ini sepertinya cukup populer bagi pemula yang baru belajar.

Dan saya sangat yakin bahwa tantangan utama dalam melakukannya tak lain adalah bagaimana melakukan seleksi objek utama pada foto yang akan diubah gambar latar belakangnya tersebut agar tampak halus.

Benar?

Oleh karena itu, saya tidak hanya akan memandu kalian bagaimana menghasilkan efek foto yang dimaksud, namun juga tool apa yang akan digunakan dalam melakukan seleksi serta bagaimana melakukannya dengan baik.

Cara mengganti gambar latar foto di Photoshop

Mengenai gambar utama yang saya gunakan, saya secara sadar memilih foto yang memang tidak terlalu rumit yaitu foto anak kecil yang memakai jilbab.

Sisi tidak rumit yang saya maksudkan adalah objek anak kecil tersebut tidak tampak rambutnya yang urakan atau tidak rapi dimana hal itu biasanya menjadi tantangan dalam melakukan seleksi.

Akan tetapi, kalaupun kalian mempraktekkan panduan ini pada foto yang rambut atau bagian tubuh lainnya sulit diseleksi, ya silahan dicoba saja.

Yang jelas, hasil yang lebih baik biasanya juga menuntut proses yang tidak cepat melalui penggabungan beberapa teknik seleksi atau misalnya penggunaan Pen Tool yang tentu membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, anggaplah bahwa tutorial ini adalah sebagai panduan dasar untuk mengasah skill seleksi kalian. Bukan cara yang bersifat Advance (Tingkat Lanjut) maupun profesional.

Tapi jujur saja, Insya Allah hasil akhir pengeditan foto dalam panduan ini tetap bagus kok. Coba lihat.

cara mengganti gambar latar foto di Photoshop

Selain untuk contoh penerapan seperti gambar diatas, panduan ini juga bisa kalian gunakan misalnya untuk merubah gambar latar untuk pas foto dengan berbagai macam ukuran.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Ayo simak bagaimana saya melakukannya.

1. Membuka gambar latar belakang baru terlebih dahulu

Tahap pertama ini saya memutuskan untuk membuka gambar latar baru dulu di Photoshop sebelum gambar utama.

Hal ini saya lakukan supaya nanti ketika foto utama saya masukkan, bisa langsung pada proses transformasi atau mengubah ukuran gambar supaya sesuai dengan gambar latar yang pertama.

2. Membuka foto utama yang akan diubah latarnya

Setelah itu, baru kemudian membuka foto utama di Photoshop baik dengan teknik drag and drop atau cara lainnya.

Intinya, bagaimana membuat gambar latar dan gambar utama berada dalam dokumen atau lembar kerja yang sama.

Coba baca ini: 3 Cara Memindahkan Gambar atau Layer Dalam Dokumen Photoshop

Ubah layer foto utama tersebut menjadi Smart Object Layer lalu aktifkan transformasi perubahan gambar dengan menekan Ctrl + T kemudian besarkan atau kecilkan tampilan gambarnya sesuai kebutuhan.

Perubahan ukuran foto dengan Free-Transform

Sambil melakukan transformasi, tetap perhatikan gambar latar agar ukuran objek utama sesuai dengan yang diinginkan ya.

Dan, perhatikan juga di titik mana foto tersebut akan ditempatkan.

3. Pilih Quick Selection Tool sebagai alat seleksi dan haluskan hasilnya menggunakan Select and Mask

Sebagaimana yang saya jelaskan di awal, seleksi objek itu menantang.

Namun tetap saja, pasti ada tool yang mudah untuk membantu dalam melakukan hal tersebut. Dan menurut kebiasaan saya, tool tersebut adalah Quick Selection Tool.

Pilih alat tersebut lalu mulai proses pemilihan objek utamanya. Jika sudah, haluskan hasil seleksi dengan melakukan klik kanan saat seleksi tersebut masih aktif, kemudian pilih Select and Mask.

Cara menghaluskan seleksi pada objek foto

Untuk foto yang saya gunakan, berikut pengaturan apa saja yang saya terapkan.

Cara menggunakan Select and Mask di Photoshop

Pada Output to: saya memilih Layer Mask dimana ketika pengaturannya sudah selesai maka layer foto akan secara otomatis akan ada dan aktif layer masknya.

Jadi tidak perlu mengaktifkan Layer Mask secara manual lagi.

Sambil menerapkan pengaturan pada property Select and Mask ini, perhatikan hasilnya di jendela sebelah kiri yang merupakan preview (pra-tinjau) foto untuk mengetahui apakah hasil seleksinya sudah sehalus yang diinginkan.

Setelah memilih OK untuk menyimpan prosesnya, maka hal tersebut juga akan menjadi akhir dalam panduan perubahan gambar latar kali ini.

Lihat hasilnya dan jika hasil seleksi yang dilakukan sebelumnya harus ada yang diubah, klik kanan pada Layer Mask foto dan pilih kembali Select and Mask untuk membuka propertynya. Atau, bisa juga dengan hanya menggunakan Brush untuk memperbaiki hasil seleksi.

Coba saja!

Bagaimana hasil merubah gambar latar belakang yang kalian dapatkan? Atau ingin request tutorial Photoshop lain yang belum saya tulis? Beritahu saya ya.

Komentar

Baca juga: