Mau Gak Usaha Jasa Cetak Sticker Label Nama Kemasan?

DesainSpot.com - Dari banyaknya jenis usaha dan juga penawaran produk berkaitan dengan dunia percetakan serta desain grafis, pernah tidak anda berpikir untuk membuka usaha jasa cetak sticker (stiker) label nama khusus produk dalam kemasan?

Dalam sudut pandang bisnis, usaha percetakan itu kadang cukup erat hubungannya dengan ketersediaan modal uang yang cukup banyak.

Benar saja, agar proses menjalankan usaha lancar, pebisnis tidak hanya dituntut memiliki skill desain yang mumpuni namun juga memiliki laptop atau PC, koneksi internet, hingga penggunaan software desain yang harganya juga cukup mahal.

Semua itu butuh modal yang kadang tidak sedikit bagi banyak pebisnis pemula. Apalagi jika harus mempekerjakan seorang (tim) desainer grafis, maka uang kadang bisa menjadi kendala.

Namun, untuk jenis usaha tertentu, hal itu kadang bisa diakali dengan syarat utama anda sudah memiliki laptop dan koneksi internet saja untuk menjalankan bisnis terutama membuka usaha jasa cetak stiker label nama kemasan yang saya maksudkan.

Keuntungan (peluang) membuka usaha jasa cetak sticker label nama kemasan

jasa cetak stiker label nama kemasan
Usaha jasa cetak stiker label nama kemasan via kasdapercetakan di Shopee.

Lihat sekeliling kita yuk!

Di daerah tempat kita tinggal, bekerja dan juga toko hingga ke pasar favorit berbelanja, ada jutaan produk dalam bentuk kemasan yang mengelilingi kita.

Banyak diantaranya ditawarkan dengan bentuk kemasan yang menarik dan juga keren, namun tidak sedikit pula yang kemasannya sangat sederhana dengan hanya bermodalkan plastik dengan tingkat ketebalan tertentu yang seolah mengatakan "yang penting sudah dibungkus."

Banyak kemasan produk yang bahkan tidak memiliki label nama, siapa (pihak mana) yang memproduksinya atau informasi apapun.

Bagaimana jika itu adalah produk-produk lokal yang merupakan hasil kekayaan daerah itu sendiri dimana secara kualitas, kadang bisa lebih baik dari produk lainnya yang sudah ada?

Namun karena tanpa nama, karena kemasannya tidak menarik dan berbagai faktor lainnya, akhirnya produk yang tadinya berkualitas dan dibutuhkan konsumen, akhirnya tidak banyak yang mengetahuinya hingga berujung pada tidak banyaknya terjadi penjualan.

Dan tak jarang pula, produk dengan kemasan yang "biasa-biasa saja" tersebut ditempatkan pada bagian rak terbawah, paling belakang dan ruang lainnya yang membuatnya makin tersembunyi dan tak terlihat.

Jika produk tersebut adalah bisnis anda, maukah anda agar pedagang yang menjajakannya menaruhnya di rak atas yang bisa dilihat dan dijangkau konsumen dengan mudah?

Jika mau, maka kemasan produk bisa menjadi salah satu solusi dimana para pedagang yang bekerja sama dengan anda "tidak akan malu" untuk memperlihatkannya.

Itulah peluang bagi usaha jasa stiker label nama kemasan hadir dimana anda bisa menempatkan nama usaha, logo bahkan informasi tambahan lainnya pada kemasan produk agar tampak lebih menarik untuk dilirik oleh pembeli.

Hal tersebut juga yang menjadi salah satu alasan saya menjadikan layanan ini sebagai salah satu jenis produk dan jasa desain grafis yang laku dijual pada pembahasan sebelumnya.

Namun, sisi estetika dari sebuah desain kemasan produk tidak melulu tentang menarik-tidaknya tampilan barang dagangan saja.

Ada beberapa hal lain yang juga menguntungkan kenapa usaha cetak label nama harus dalam bentuk stiker yang menempel yaitu:

1. Anda bisa hanya fokus pada pemasaran saja. Bagian produksi bisa juga anda tangani sendiri atau bekerjasama dengan pihak percetakan agar anda tidak mengeluarkan biaya yang banyak untuk berbisnis.

2. Stiker label nama biasanya dijual dengan minimal pembelian tertentu (menang di kuantitas) dengan harga yang terjangkau. Biasanya, 1 stiker hanya butuh dana Rp. 100,- sehingga kebutuhan modal produksi tidak terlalu meningkat (mahal) bagi pengusaha skala kecil.

3. Peluang untuk mendapatkan langganan (repeat order) sangat besar karena pebisnis yang membutuhkannya hanya akan fokus pada harga dan juga kualitas stiker label nama yang dibuat. Jika setuju dengan harga dan juga kualitas yang anda tawarkan, biasanya malas untuk membeli lagi stiker di tempat lain karena khawatir kualitasnya menurun meskipun harganya sama.

Usaha jasa cetak stiker label nama di internet
Beberapa contoh usaha jasa cetak stiker label nama terlaris di Shopee.co.id.

4. Sticker label nama juga memiliki bahan (material) yang tahan air (waterproof) sehingga daya tarik suatu kemasan bisa lebih awet dan tahan lama jike terkena air dan hujan ataupun ketika disimpan dalam ruangan yang lembab.

5. Sangat cocok untuk membantu pengusaha pemula dengan keterbatasan biaya produksi dan bisa tetap melakukan upaya penghematan bisnisnya sejak awal.

6. Jika produk yang dijual per hari masih dalam jumlah puluhan atau bahkan ratusan, belum dibutuhkan tenaga kerja tambahan hanya untuk menempelkan stiker label nama usaha (bisa dilakukan oleh pengusaha itu sendiri untuk lebih berhemat lagi.

7. Jangkauan pasar khusus untuk kalangan pebisnis saja sehingga usaha stiker label ini bisa lebih terjangkau (lebih tertarget) untuk dipasarkan.

8. Peluang untuk membantu usaha kecil (mikro) hingga skala UMKM demi meningkatkan penjualan produk lokal melalui data tarik kemasan.

9. Mendukung sistem pre-order karena layanan pembuatan stiker memiliki desain yang berbeda-beda untuk setiap pelanggan.

Kalau mau dirinci seberapa besar peluang jika anda akan membuka usaha jasa cetak stiker label nama ini, masih banyak manfaat lainnya yang bisa menjadi keunggulan untuk menarik konsumen.

Cara termudah memasarkan usaha jasa cetak stiker label nama

Tahu cara membuat website bisnis online? Atau ingin membuat blog khusus desain grafis untuk memasarkan bisnis jasa cetak stiker label ini? Sah-sah saja.

Namun itu terlalu lama untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan juga harus bersaing di mesin pencari.

Jika harus memasang iklan online juga maka biaya akan semakin banyak yang dibutuhkan dan itu juga sangat direkomendasikan untuk memiliki pengetahuan yang mendalam agar biaya iklan lebih hemat.

Oleh karena itu, saya lebih tertarik menyampaikan ke anda mengenai apa sih cara termudah agar usaha stiker tersebut bisa dilihat oleh banyak orang dan berpeluang untuk mendapatkan konsumen pertama dalam waktu yang relatif singkat?

Menariknya, saya sangat yakin bahwa anda sudah tahu jawabannya namun mungkin terlewatkan. Cara termudah yang sangat saya sarankan adalah dengan memasarkan jasa cetak stiker label nama kemasan ini melalui berbagai platform marketplace yang populer di Indonesia.

Apa saja itu?

Silahkan secepatnya untuk membuka dan mendaftarkan toko anda di Shopee, BukaLapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebaginya.

Bahkan, artikel ini pun terinspirasi dari salah satu tampilan produk terlaris di Shopee dimana usaha cetak stiker nama ini pertama kali saya lihat disana.

Coba saja buka beberapa marketplace yang ada dan lakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci produk berupa "stiker label nama." Besar kemungkinan anda akan menemukan beberapa toko yang sudah berhasil melakukan penjualan hingga ribuan hanya dalam waktu 1 bulan saja.

Alasan lain kenapa harus menjual jasanya di marketplace adalah karena disanalah jutaan pengunjung setiap hari berada. Anda hanya perlu mendaftar dan mengunggah foto terkait jasa percetakan ini serta melengkapi deskripsi dan lain sebagainya.

Setelah itu, tinggal menunggi konsumen menghubungi anda jika ada yang perlu ditanyakan melalui fitur Chat (obrolan). Ditinggal santai saja. Jika ada orderan yang masuk, tinggal hubungi pihak percetakan tempat anda bekerja sama saja untuk melakukan proses cetak.

Apalagi seperti yang saya katakan pada peluang atau keuntungan bisnis stiker diatas dimana jasa ini adalah jasa yang sifatnya pre-order. Order masuk, diproses (dicetak oleh anda atau pihak lain yang diajak kerjasama), baru kemudian dikirim. Bukan produk yang sejak awal sudah ada dan tinggal kirim saja.

Kesimpulan

Dari penjelasan saya diatas, bukankah jelas bahwa bisnis cetak sticker label nama kemasan produk ini adalah bisnis yang bahkan hanya butuh koneksi internet saja jika ada dana yang harus dihitung?

Bahkan meskipun anda tidak memiliki kemampuan desain grafis, proses cetak hingga stiker siap dikirimkan ke pelanggan bisa diserahkan pada pihak percetakan tempat anda bekerjasama.

Biaya membuka bisnisnya sangat terjangkau bagi siapapun dan anda cukup fokus untuk memasarkannya saja secara online. Cara termudahnya pun sudah anda ketahui, jika ingin menjangkau lebih banyak pelanggan lagi, bisa dengan memanfaatkan akun Facebook pribadi (media sosial) atau juga membuat Halaman Facebook khusus usaha tersebut.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?