Tips Pilih Layer Otomatis di Photoshop

Bekerja dengan Photoshop dalam 1 dokumen saja terkadang menghasilkan layer dalam jumlah yang banyak. Mulai dari hitungan satuan, belasan, banyak juga yang puluhan hingga hampir mendekati ratusan.

Dengan jumlah layer yang semakin banyak, maka kita akan mulai kebingungan dimana letak layer untuk elemen grafis (teks, shape, hasil brush, dan sebagainya) yang ingin kita pilih.

Untuk itulah pentingnya mengetahui tips ini agar kalian bisa memilih layer secara otomatis tanpa harus merasa kebingungan dalam menemukan letak layer yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Cara memilih layer di Photoshop secara otomatis

Sebagai contoh, saya sudah menyediakan sebuah desain iklan/promo suatu bisnis berikut ini untuk membantu pemahaman kalian mengenai apa yang saya maksudkan.

Desain iklan dan promosi diskon keren

Contoh desain iklan diatas itu memang belum rampung dan juga tidak lengkap. Tapi harap dipahami bahwa itu hanya sebagai contoh saja ya.

Pada hasil desain tersebut, tampak bahwa desainnya dibentuk oleh berbagai elemen grafis yang ada. Mulai dari gambar latar yang abstrak, teks, dan juga shape (bentuk) tertentu. .

Banyaknya layer untuk desain iklan promosi di Photoshop

Total layer yang ada pada Layer Panel diatas adalah 13. Menurut saya, jumlah itu memang masih sangat sedikit.

Tapi coba perhatikan pada bagian layer yang mengandung nama Shape.

Jika saya harus menemukan shape berbentuk bulat yang menjadi latar dari tulisan "70% OFF" pada desain iklan tersebut, ya harus memeriksa hampir semua layer yang ada karena saya tidak merubah nama layernya secara representatif (mewakili bentuk yang dimaksud).

Merubah nama layer atau bahkan menandainya dengan warna khusus itu memang mudah.

Tapi kalau sudah berbicara dalam konsep bekerja secara cepat atau buru-buru ngejar ide di kepala biar tidak kelupaan, biasanya juga kan kita membiarkan saja nama dan tampilan layernya seperti apa adanya kan?

Cara menemukan 1 layer yang ingin dipilih secara otomatis diantara banyak layer lainnya di Photoshop

Lalu, bagaimana atau apa cara termudah untuk menemukan layer yang dibutuhkan tanpa harus melakukan pencarian pada Layer Panel?

Jawabannya adalah dengan menggunakan Move Tool.

Itu loh tool buat mindah-mindahin gambar ke kana-kiri atau atas-bawah kalau gak mau pakai tanda panah pada keyboard.

"Tapi kan saya bukan sedang ingin memindahkan gambar atau elemen lainnya?!" Tanya Anda.

Nah, saat Move Tool tersebut sudah aktif (dipilih), maka terdapat 2 fitur lain yang mendukung penggunaannya yaitu:
  1. Auto-Select: Untuk membantu memilih Layer dan Group.
  2. Show Transform Controls: Menampilkan simbol transfrom seperti saat akan melakukan perubahan ukuran gambar. Cuma simbol transformasinya saja yang ditampilkan.
Mengenai langkah penggunaan Move Tool beserta fitur pendukungnya dalam memilih layer secara otomatis ini, silahkan lihat gambar yang saya sertakan dibawah.

Cara menggunakan Move Tool untuk menemukan layer secara otomatis di Photoshop

Intinya, kalian hanya memilih Move Tool dan mencentang pada Auto-Select dan memilih opsi Layer karena pemilihan elemen secara otomatis ini adalah untuk menemukan layer saja dan bukan Group.

Untuk Show Transform Controls, itu bersifar opsional yaitu bisa diaktifkan atau tidak terserah.

Setelah itu, kembali langsung pada lembar kerja Photoshop dan pilih elemen grafis yang mana yang akan ditemukan letak layernya.

Baca juga: Cara Gabung Foto di Photoshop (Hasil OK)

Jika sudah memilih elemen grafisnya, langsung arahkan pandangan pada Layer Panel yang menampilkan semua layer pekerjaan kalian. Disana akan terlihat bahwa elemen yang dipilih sebelumnya, secara otomatis juga terpilih langsung letak layernya.

Ketemu, deh! Selesai. Gitu doank!

Jadi mau ada ribuan layer dalam dokumen Photoshop pun, kalian tidak akan kebingungan lagi menemukan letak layernya.

Bisakah memilih langsung beberapa layer secara bersamaan dengan Move Tool?

Ini kabar baiknya.

Tidak hanya untuk memilih salah 1 layer saja, namun kalian juga bisa menemukan letak beberapa layer secara bersamaan dengan menggunakan Move Tool berdasarkan contoh pengaturan sebelumnya.

Misalnya saja, karena jumlah layer sudah kebanyakan, maka kalian ingin menyatukan beberapa layer yang saling terkait. Bisa juga misalnya untuk copy-paste efek Blending Options secara bersamaan di layer yang berbeda dan lain sebagainya.

Cara melakukannya adalah, ketika Move Tool sudah aktif, lakukan seleksi dengan memilih dari titik mana kalian akan mulai memilih elemen yang ada.

Cara pilih/menemukan beberapa layer dengan Move Tool secara otomatis

Hal penting untuk kalian ketahui saat ingin menemukan salah 1 atau beberapa layer dengan cara ini adalah:
"Elemen grafis yang dipilih tidak harus mengenai seluruh bidang/bentuk elemennya. Cukup 'kena' sedikit saja dari proses seleksi yang dilakukan."
Beres!

Batasan penggunaan Auto-Select menggunakan Move Tool

Sebagaimana sebuah alat, ada kelebihan, pasti juga ada kekurangannya.

Batasan memakai fitur Auto-Select menggunakan Move Tool dari apa yang saya temukan sejauh ini ada 2, yaitu:
  1. Tidak bisa memilih layer secara otomatis pada layer transparan yang tidak berisi warna apapun atau yang warnanya disembunyikan. Contoh: Layer yang Fill-nya dibuat 0%.
  2. Tidak bisa memilih layer yang terkunci (ada simbol gemboknya seperti pada layer Background).
Contohnya misalnya ada layer transparan namun diberi efek Stroke (garis tepi, pinggir) seperti berikut ini.

Auto-Select pada layer transparan di Photoshop tidak bisa digunakan

Tapi, meskipun Fill pada layer tersebut hanya ada 1% saja, maka penggunaan Auto-Select ini masih tetap bisa sukses (berfungsi dengan baik) untuk digunakan.

Penggunaannya hanya terbatas pada layer yang benar-benar transparan (kosong) dan tidak menampilkan apapun.

Mengenai batasan pemakaian pada layer yang digembok, hal tersebut juga tidak hanya bisa dimaknai sebagai sebuah kekurangan.

Namun juga bisa menjadi kelebihan tersendiri untuk mencegak elemen grafis tertentu tergeser secara sengaja atau faktor human error lainnya.

Demikian cara memilih dan menemukan 1 atau beberapa layer secara otomatis menggunakan Auto-Select pada Move Tool di Photoshop ini. Semoga bisa memberikan manfaat.

Komentar

Baca juga: