Cara Ganti/Ubah Warna Mata di Photoshop

Tutorial cara merubah/mengganti warna mata di Photoshop yang sedang kalian baca saat ini memadukan beberapa teknik penggunaan tool yaitu:
  1. Alat seleksi area mata dengan Quick Selection Tool
  2. Adjustment Layer memakai fitur Hue/Saturation untuk melakukan perubahan warna pada area yang dimaksud, dan;
  3. Penerapan Layer Mask pada area seleksi.
Dari beberapa cara merubah warna di Photoshop yang pernah saya bahas sebelumnya, penggunaan Hue/Saturation saya lakukan karena 2 alasan.

Pertama, mudah digunakan sebagaimana tool lainnya untuk merubah warna objek atau foto. Dan alasan kedua adalah karena Hue/Saturation juga mendukung penggunaan Adjustment Layer dimana layernya akan secara otomatis mengaktifkan Layer Mask sehingga lebih hemat waktu dalam prosesnya.

Cara ubah warna mata dengan Photoshop

Setelah tahu apa saja teknik yang menjadi bagian dari proses dalam panduan kali ini, maka saya juga ingin mengingatkan bahwa penggunaan foto yang berbeda untuk mengikuti tahapan dalam tutorial ini adalah tidak masalah sama sekali.

Cara merubah warna mata di Photoshop

Apapun foto yang akan kalian gunakan, terserah karena prosesnya akan sama saja. Mau menggunakan gambar kucing kesayangan juga, ok-ok saja.

Kalau saya, cukup dengan menggunakan foto bayi saja karena suka saja sama fotonya.

Dan sebelum memulai, saya anggap bahwa kalian sudah membuka foto prakteknya di Photoshop ya. Lanjut!

1. Lakukan seleksi pada area mata yang akan diubah warnanya

Sebagaimana yang sudah saya sampaikan, alat seleksi yang saya gunakan adalah Quick Selection Tool dengan pengaturan Brush sebagai berikut.

Cara melakukan seleksi pada area mata dengan Quick Selection Tool

Perlu kalian tahu bahwa Quick Selection Tool itu sendiri memang menggunakan pengaturan terakhir pada Brush.

Jadi jika kalian sebelumnya menggunakan brush dengan tingkat Hardness 100%, maka itu juga yang akan diterapkan pada Quick Selection Tool sebagai referensi pengaturan utamanya.

Oh ya, seleksi yang saya lakukan disini langsung pada layer Background dan memang tidak diduplikat layernya.

Baca juga: Cara Gabung Foto di Photoshop

Tenang, masih aman kok dan tidak akan merusak gambar aslinya. Dan, saat melakukan seleksi pada area mata ini, gak bagus-bagus amat juga hasilnya gak apa-apa kok. Nanti pada tahap berikutnya bisa diperbaiki.

Yang penting, seluruh area mata yang akan diubah warnanya sudah kalian lakukan seleksi. Bagian yang diseleksi tidak apa-apa jika lebih. Yang penting jangan kurang.

2. Menggunakan Hue/Saturation

Saat area mata sudah selesai diseleksi dan masih aktif seleksinya, langkah selanjutnya adalah pilih Hue/Saturation pada Adjustment Layer.

Cara membuka Hue/Saturation untuk merubah warna mata di Photoshop

Lihat?

Layer Mask-nya langsung aktif dan terdapat 2 titik yang merupakan area seleksi 2 mata yang akan kita ubah.

Jadi tidak perlu mengaktifkan layer mask secara manual. Setelah itu, saya menerapkan pengaturan pada Hue/Saturation sebagaimana gambar dibawah.

cara menggunakan Hue/Saturation untuk ubah warna mata di Photoshop

Jika menggunakan hue/saturation ini, jangan lupa untuk memilih (centang) pada Colorize. Lalu, atur warna yang akan digunakan melalui fitur Hue, Saturation, dan juga Lightness.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk merubah Blend Mode layernya menjadi Color kemudian perhatikan apakah ada yang harus diubah pada warna mata saat ini atau tidak.

3. Menghaluskan area seleksi mata yang telah berubah warnanya menggunakan Brush pada Layer Mask

Pada Hue/Saturation diatas, layer masknya kan sudah otomatis ada tuh.

Sekarang coba pilih untuk melakukan aktivasi dengan mengklik gambar thumbnailnya sebagai perintah pada Photoshop bahwa selanjutnya kalian akan bekerja pada layer mask tersebut.

Setelah itu, pilih Brush yang bentuknya bulat saja dengan bagian pinggir yang tidak terlalu tajam (halus) supaya bagian terluar atau pinggir mata yang diubah warnanya juga terlihat lebih halus hasil seleksinya.

Dan jangan lupa, kalau menggunakan brush pada layer mask, maka warna Foreground dan Background harus Hitam dan Putih.


Warna Foreground dan Background ketika menggunakan Brush pada Layer Mask

Jadi, saat ini kan kalian sudah memilih tool Brush.

Jika misalnya warna Foreground adalah Hitam, lalu kalian "menyapu" brushnya pada bagian dalam mata. Maka, warna mata yang baru diganti tadi akan disembunyikan atau tidak ditampilkan melainkan kembali menjadi warna aslinya.

Oleh sebab itulah saya mengatakan sebelumnya jika tidak mengapa kalau area seleksi pada mata dilebihkan karena bisa disembunyikan lagi menggunakan kombinasi penggunaan brush dan layer mask.

Hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut.

Akhir dari proses mengganti warna mata dengan Photoshop

Demikian tutorial cara mengganti atau mengubah warna mata di Photoshop. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa bagikan panduannya ya.

Komentar

Baca juga: