Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?

Pernah gak sih berpikir mengenai kira-kira ada gak ya ukuran asli yang menjadi standar dimensi foto polaroid yang menjadi cukup populer saat ini?

Saya katakan demikian (populer) bukan karena asumsi belaka. Hal tersebut dikarenakan oleh semakin banyaknya jenis kamera polaroid yang memang secara khusus menyediakan alat fotografi untuk kebutuhan cetak gambar secara instan.

Biasanya nih kalau dalam dunia perfilman, anda kemungkinan pernah menonton adegan misalnya orang sedang memotret dan beberapa detik setelahnya, kamera yang digunakan langsung keluar kertas foto yang kemudian dikipas-kipas (dianginkan) hingga muncullah gambar objek yang dipotret.

Seperti itulah kamera polaroid hingga jenis gambarnya pun disebut sebagai foto polaroid itu sendiri.

Jenis kamera untuk foto polaroid

Dan jika diperhatikan lagi, kertas foto tersebut tidak secara penuh berisi objek gambar dimana ruang kertas lainnya hanya berupa gambar kosong (blank) atau hanya warna kertas saja yang biasanya adalah warna putih.

Ada jarak antara objek foto dengan ruang kertas baik di bagian atas, bawah dan kedua sisi sampingnya hingga ukuran foto (objek) yang tercetak tersebut berbeda dengan ukuran kertasnya.

Dimensi (ukuran) foto polaroid

Oleh sebab ukuran kertas cetak foto polaroid saat ini berbeda-beda, maka dalam tulisan ini saya menawarkan anda beberapa dimensi mulai dari yang asli hingga yang secara khusus sesuai keinginan anda sendiri.

Loh, memangnya boleh ngeprint foto polaroid sesuai kemauan kita? Saya kira sah-sah saja. Yang punya kertas dan gambar kan kita sendiri. Jadi ya, boleh menggunakan ukuran standar dan tidak ada salahnya memakai pengaturan dimensi sesuai kemauan.

Baca juga: Cara Membuat Efek Foto Kolase Sederhana di Photoshop

Ukuran-ukuran tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ukuran asli foto polaroid

Dilansir dari polaroid.com, ukuran original yang dulu digunakan secara tepat adalah 3,108 × 3,024 inci (area foto) atau 7,89 × 7,68 cm. Sedangkan dimensi kertas foto yang digunakan adalah 4,233 x 3,483 inci atau 10,75 x 8,85 cm.

Ukuran ini didasarkan pada kamera Polaroid SX-70 yang dibuat oleh Polaroid Corporation ejak tahun 1972 hingga 1981.

Dan ada juga ukuran standar kedua yaitu berdasarkan kamera Polaroid Image/Spectra dengan dimensi foto 2,890 x 3,574 inci (ruang foto) atau 7,34 x 9,08 cm dengan ukuran kertas 4,051 x 3,996 inci atau 10,29 x 10,15 cm.

*Ukuran dalam satuan cm sudah dibulatkan ya dan ukuran aslinya mengacu pada satuan inci.

Silahkan perhatikan ilustrasi pada gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Ukuran foto polaroid

Dengan adanya perbedaan ukuran ruang foto dan juga total dimensi kertas yang ada, itulah yang menjadi pembeda (selisih jarak) antara tiap sisi (bawah, atas, samping) untuk foto polaroid yang akan anda cetak jika menggunakan ukuran originalnya.

2. Berdasarkan jenis kamera yang digunakan

Tidak semua kamera polaroid terutama yang ada saat ini menggunakan 2 ukuran standar (dimensi asli) yang saya sebutkan diatas.

Ibaratnya beda jenis (versi) kamera dan produsennya, maka ukuran foto yang tersedia juga bisa berbeda-beda.

Contohnya saja adalah kamera Fujifilm Instax Mini 7S dimana dimensi hasil gambar yang didukung adalah 2,13 x 3,4 inci (5,4 x 8,6 cm). Sedangkan kamera Polaroid Snap versi digitalnya hanya memungkinakn untuk cetak foto yang lebih kecil yaitu 2 x 3 inci atau 5,08 x 7,62 cm.

Maka dari itu, salah satu faktor yang bisa dijadikan indikator pembelian jenis kamera polaroid nantinya adalah berapa ukuran cetak (print size) yang anda inginkan.

3. Menerapkan ukuran gambar polaroid sesuai kebutuhan

Ukuran foto polaroid terakhir adalah menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Misalnya jika ingin mencetak foto di hp dengan gaya (efek tampilan) polaroid, silahkan untuk membeli kertas foto sebagaimana biasa dan edit foto yang akan di print dengan penyesuaian ukuran yang anda inginkan.

Hal ini terkait dengan penggunaan foto polaroid itu sendiri misalnya jika fotonya akan digantung sebagai aksesoris dinding kamar, ukurannya bisa saja lebih kecil dibanding foto polaroid yang akan dimasukkan dalam album foto anda di rumah.

Artinya, jika anda mau mencetak gambar polaroid berukuran 4R pun tidak masalah atau berbentuk persegi (square) juga tidak mengapa. Pokoknya terserah anda saja dan hal itu memang tidak dilarang kan?

Komentar

Baca juga: