Intip Usaha Cetak Foto Polaroid yang Minim Modal

Bisnis di bidang fotografi yang disandingkan dengan usaha percetakan biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, hal tersebut tidak selamanya benar terutama jika berbicara mengenai potensi usaha jasa cetak foto dengan gaya polaroid.

Foto polaroid awalnya berasal dari kamera polaroid itu sendiri. Jenis foto yang dihasilkan pun jauh berbeda dengan yang biasanya ada serta proses pembuatannya juga yang sangat unik serta instan (cepat).

Biasanya, foto yang tercetak akan menampilkan objek (gambar) pada seluruh bidang kertasnya sebagai media utama. Namun khusus untuk foto polaroid, bagian atas, bawah serta kedua sisi samping ditampilkan berjarak (ada spasi) sehingga foto tampak seperti dibingkai.

ide usaha cetak foto polaroid yang minim modal
Contoh foto polaroid dimana ruang berwarna putih adalah seluruh bidang kertas foto yang menjadikan foto seolah dibingkai.

Untuk kalangan remaja, foto bergaya polaroid ini sangat keren dan cocok untuk dijadikan koleksi foto bersama sahabat hingga aksesoris ruang dalam kamar.

Sedangkan untuk orang dewasa, selain sebagai bagian dari dekorasi ruangan di rumah, juga bisa dijadikan inspirasi menampilkan isi album foto keluarga yang unik dan tidak membosankan.

Betulkah ide bisnis cetak foto polaroid ini hanya butuh modal yang sedikit? Mari intip analisis sederhananya!

Kalangan remaja dan orang dewasa yang saya informasikan diatas bukannya tanpa alasan saya mencontohkan penggunaan foto bergaya polaroid ini.

Secara singkat, yang ingin saya sampaikan adalah bahwa pasar (market) untuk usaha ini memang sudah ada. Belum lagi, tidak semua foto yang kita hasilkan harus disimpan selalu pada memory hp maupun hardisk laptop atau PC.

Banyak diantara kita yang tetap ingin mengabadikan kenangannya dalam bentuk hasil cetak seperti dengan memanfaatkan album foto itu sendiri.

Minimnya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha print foto polaroid ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu:
  1. Anda tidak harus memiliki skill fotografi.
  2. Tidak harus memiliki kamera apalagi kamera polaroid karena pelanggan yang akan mengirimkan fotonya.
  3. Tidak harus memiliki usaha percetakan maupun printer meskipun itu memang lebih baik.
Pun demikian, ada setidaknya 2 hal penting yang perlu anda ketahui untuk menjalankan bisnis ini yaitu:
  1. Mengetahui cara membuat efek foto polaroid menggunakan Photoshop atau program lainnya yang mendukung.
  2. Tahu bagaimana memasarkan layanan cetak foto secara online.
Saya asumsikan bahwa banyak diantara kita saat ini sudah memiliki laptop atau PC sehingga modal yang dibutuhkan semakin sedikit.

Kalaupun belum, sebenarnya ada cara untuk mengakalinya yaitu dengan menggunakan aplikasi hp baik yang berbasis Android maupun iOS (pengguna iPhone) khusus untuk membuat efek foto polaroid ini.

Jadi gak melulu harus ada laptop dan juga gak harus pakai Photoshop. Lalu, bagaimana dengan cara memasarkan jasa cetak fotonya itu sendiri?

Yang menarik dari ide bisnis ini adalah konsep pemasarannya pun sangat mudah dan pasti sudah anda ketahui.

Pertama, karena usaha seperti ini berjenis image-base (berbasis gambar), maka anda bisa menggunakan platform media sosial terutama Instagram untuk mempromosikannya.

Upload foto-foto dan juga video pendek tentang gambar polaroid disana dan lihat respon tayangan serta interaksi yang anda dapatkan.

Artikel terkait: Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?

Namun, oleh sebab media sosial secara umum memang bukanlah pusat transaksi untuk menjalankan bisnis, maka penggunaan Instagram hanya bisa untuk berpromosi saja sebab konsumen mungkin akan khawatir akan keamanan bertransaksi.

Karena itu, rekomendasi saya untuk memasarkan jasa cetaknya adalah dengan membuat akun di marketplace seperti Shopee, BukaLapak, TokoPedia dan lain sebagainya.

Alasannya jelas, bertransaksi di marketplace lebih aman dan pembeli tak harus khawatir dengan dana yang dikeluarkannya. Apalagi, jutaan pembeli memang berada disana setiap hari.

Dan jika punya tambahan modal sedikit, karena toko anda di marketplace masih baru, anda bisa menggunakan jaringan periklanan marketplace tempat anda membuka toko untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Tidak beriklan pada awal menjalankan bisnisnya juga tidak mengapa jika harus menghemat dana lebih banyak lagi.

Tapi misalnya nih menurut anda mengelola toko online di marketplace itu terlalu merepotkan, ada peluang lain yang juga potensial untuk diketahui yaitu dengan menjadi reseller dari toko lain yang anda temukan.

usaha cetak foto polaroid di marketplace online
Contoh toko dengan jasa cetak foto polaroid di marketplace Tokopedia yang membuka peluang menjadi reseller online.

Jadi kalau memang merasa ribet membuat dan mengelola toko, daftar saja jadi reseller sehingga penggunaan media sosial anda seperti Facebook, Twitter, IG dan lain sebagainya hanya untuk mencari pembeli saja.

Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana cara mencetak foto polaroid jika printer saja anda tidak memilikinya dan tetap ingin membuka toko online sendiri?

Jawaban terbaik yang bisa saya berikan sesuai dengan pengalaman saya adalah: bekerjasama dengan pihak percetakan!

Pada masa lalu, saya pernah mendapatkan penghasilan melalui jasa cetak undangan dengan modal kecil dimana waktu itu saya juga tidak memiliki printer khusus kertas undangan yang biasanya cukup tebal.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, maka yang saya lakukan adalah mencari tahu pihak percetakan mana yang bisa saya ajak kerjasama supaya saya bisa lebih fokus pada bagian desain dan juga marketingnya saja.

Pihak percetakan juga kan butuh konsumen dan tidak mengeluarkan biaya untuk bekerjasama dengan saya. Jadi sama-sama saling menguntungkan (simbiosis mutualisme dalam berbisnis).

Dengan begitu, maka ide usaha jasa cetak foto polaroid ini bisa semakin sedikit membutuhkan modal dan bahkan tidak ada uang yang perlu anda keluarkan. Kalaupun ada pada saat awal menjalankannya, paling hanya biaya internet saja kan?

Hal terakhir mengenai bagaimana menguntungkannya bisnis ini adalah anda bisa bebas mensyaratkan minimal pembelian foto tertentu.

Misalnya dalam sekali order (pemesanan), minimal foto polaroid yang harus dicetak adalah 50, 100 dan bahkan 150 lembar atau lebih. Hal ini berguna agar anda bisa menghitung keuntungan yang didapatkan untuk setiap lembar foto atau profit dari paket cetak gambar yang diprint.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?