Cara Mengganti Gambar Langit di Photoshop

Komposisi foto yang mengandung gambar langit kadang bisa menambah daya tarik objek fotografi dan menarik perhatian orang lain yang melihat foto tersebut.

Tapi tentu saja, tidak semua momen sesuai dengan kemauan fotografer dimana langit kadang tampak membosankan dengan nuansa awan yang terlalu minim dan tampak datar atau tidak memiliki efek yang dramatis.

Untuk mengatasinya, kenapa tidak mengedit fotonya saja di Photoshop dengan mengganti gambar latar langit tersebut?

Dengan mengetahui cara merubah background langit pada foto di Photoshop, hal ini tidak hanya untuk membuat foto tampak lebih dramatis dan menarik, namun juga mengetahui pilihan lain dalam melakukan seleksi terhadap objek foto yang ingin dihapus dan dihilangkan secara praktis.

Cara merubah gambar background langit pada foto di Photoshop

Yang diperlukan hanyalah 2 foto saja yaitu foto utama yang ingin diubah langitnya dan juga foto langit dengan awan sesuai pilihan sebagai pengganti.

Contoh hasil perbandingan untuk panduan yang akan dipelajari ini adalah sebagai berikut.

cara mengganti gambar langit di Photoshop

Jika kurang jelas, pada gambar hasil penggabungan 2 foto menggunakan Photoshop diatas, yang sebelah kiri adalah foto asli dan yang sebelah kanan adalah yang sudah diganti gambar langitnya dengan bentuk awan yang lebih besar. Biar lebih dramatis saja.

Entah langitnya menjadi lebih dramatis atau tidak, yang penting caranya berhasil dan bisa kalian ikuti. Dan untuk itu, sangat disarankan agar foto utama yang ingin dirubah latar langitnya untuk latihan adalah foto dengan dengan komposisi warna yang sedikit saja dulu.

Seperti contoh diatas, warnanya paling hanya putih, biru dan juga hijau yang mendominasi. Berikut tahapannya.

1. Memisahkan layer dengan gambar langit dan objek lainnya

Setelah gambar utama dibuka di Photoshop, pisahkan gambar langit pada layer yang berbeda dengan cara melakukan duplikat layer.

Pada contoh ini, karena warna langit dan laut mirip dengan adanya tone warna biru, maka saya membuat 2 layer khusus langit dan laut tersebut dan menghapus layer background.

Duplikat layer langit dan layer lainnya

Pada layer dengan gambar laut, gambar langitnya saya hapus saja karena memang tidak dibutuhkan lagi untuk cara ini. Begitu juga sebaliknya, pada layer dengan gambar laut, langitnya saya hapus juga.

2. Menghapus gambar langit menggunakan Advanced Blending Options

Setelah itu, klik kanan pada layer langit yang baru saja dibuat (hasil duplikat) dan pilih Blending Options.

Pada jendela pengaturan yang terbuka, biasanya Photoshop akan pertama kali menampilkan opsi Advanced Blending dan pada bagian ini kita akan bekerja menggunakan Blend If.

Pengaturan Advanced Blending Options untuk menghapus gambar langit

Karena langitnya berwarna biru, maka opsi Blend If yang dipilih adalah warna Blue. Setelah itu, gulirkan pengaturannya seperti contoh diatas sambil melihat hasilnya pada gambar langit apakah sudah sesuai atau belum.

Pada contoh pengaturan diatas, tombol berwarna putih terbagi menjadi 2 pada bagian This Layer.

Cara membuatnya seperti itu adalah pilih salah satu sudut tombol (kiri/kanan) kemudian tekan Alt pada keyboard sambil menggeser tombolnya.

Jika hasil gambarnya sudah sesuai dimana gambar langit asli sudah hilang sepenuhnya, klik Ok untuk mengakhiri. Setelah itu, layer gambar yang baru saja diterapkan perubahan ini akan tampak berbeda dengan adanya ikon Advanced Blending Options.

Ikon layer berubah setelah pengaturan Blending Options disimpan

Penggunaan teknik seperti ini kadang membutuhkan layer lainnya untuk disembunyikan (ikon mata dihilangkan). Dan gak repot melakukan seleksi serta tanpa perlu menggunakan atau mengaktifkan Layer Mask Photoshop kan?

Dan yang lebih penting lagi, banyak contoh foto yang bisa memakai teknik ini untuk mengganti background foto yang latarnya memiliki komposisi warna yang sedikit (sederhana) seperti untuk pas foto dan sebagainya.

Pada tahap 2 ini, hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut.

menghapus gambar langit di Photoshop dengan Blending Options

Bagi saya, itu sudah cukup. Pastikan kalian juga melakukan zoom-in atau memperbesar gambar hasil untuk melihatnya lebih jelas dan agar tidak ada objek penting yang ikut terhapus.

3. Memasukkan gambar langit pengganti (foto kedua)

Kemudian, masukkan foto kedua pada dokumen yang sama yaitu gambar langit penganti yang sudah disiapkan sebelumnya.

Dan, lakukan transformasi gambar dengan membesarkan atau mengecilkan fotonya sesuai dengan kebutuhan, atur posisinya serta tempatkan layernya paling bawah.

Pengaturan foto langit pengganti termasuk posisi layer

Selesai. Tidak ada lagi yang perlu dilakukan untuk merubah gambar latar langit ini. Tinggal simpan saja foto baru tersebut.

Namun kalau ingin mengeditnya lebih lanjut, sangat disarankan untuk menyatukan semua layernya menjadi Smart Object atau bisa juga dengan cara Flatten Images/Layers.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?