[Dasar] 2 Cara Membuat Dokumen Baru di Photoshop

Ada berapa cara yang kalian tahu agar bisa membuat dokumen baru di Photoshop?

Sebagai bagian dari panduan dasar penggunaannya, bukankah mengetahui 2 cara akan lebih baik daripada hanya 1 saja? Apalagi, masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Faktanya, membuka foto di Photoshop akan membuat foto tersebut ditampilkan dalam sebuah file yang disebut sebagai dokumen. Ada juga yang menyebutnya sebagai kanvas, lembar kerja dan istilah lainnya.

Namun, bukan dokumen seperti itu yang dimaksud. Tetapi lebih pada lembar kerja baru yang benar-benar blank (transparan) maupun berisi warna background layaknya kertas baru yang belum berisi tinta apapun.

Atau minimal, dokumen barunya hanya berisi elemen grafis yang kita inginkan saja. Mau tahu bagaimana membuat dokumen barunya? Berikut 2 cara yang bisa saya berikan.

1. Buka menu File - New

Saya cukup yakin bahwa cara yang pertama ini adalah yang paling populer digunakan yaitu dengan mengakses menu File - New untuk membuat dokumen baru atau dengan menggunakan tombol Ctrl + N pada keyboard.

cara membuat dokumen baru di Photoshop melalui menu

Ketika menu atau pintasan tersebut dipilih, maka pengaturan dokumennya pun akan langsung ditampilkan dan bisa disesuaikan dengan pilihan kalian mau mengaturnya seperti apa terutama terkait nama file, ukuran dan satuannya, resolusi serta pilihan warna background.

Cara mengatur dokumen baru di Photoshop

Setelah klik Ok pada pengaturan gambar diatas, maka dokumen barunya pun bisa langsung ditampilkan. Mudah, praktis, dan paling populer. Itulah apa yang menjadi kelebihan cara pertama ini.

2. Membuat dokumen baru dengan cara men-duplikat layer

Untuk cara kedua, cara menggunakannya mensyaratkan hal tertentu yaitu sudah harus ada dokumen yang terbuka sebelumnya. Baik itu membuka foto ataupun dokumen baru seperti cara pertama diatas.

Yang penting ada file yang ditampilkan.

Untuk contohnya, saya menggunakan file dokumen yang saya buat dengan cara diatas dimana langkah pertamanya adalah klik kanan pada layer Background, lalu pilih Duplicate Layer.

Tapi jangan gunakan proses duplikat layer menggunakan tombol Ctrl + J ya karena hal itu tidak akan bisa digunakan pada teknik pembuatan dokumen baru pada tahap ini.

Pokoknya klik kanan pada layer apapun termasuk layer foto kalau ada lalu pilih Duplicate Layer.

cara membuat dokumen baru Photoshop dengan duplikat layer

Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan layer lalu lakukan perubahan pada Destination Document dengan memilih New serta ubah Name (nama) layernya sesuai pilihan kalian.

Pengaturan dokumen baru hasil Duplicate Layer Photoshop

Jika sudah dan telah memilih Ok, maka akan muncul tab dokumen baru yang berisi layer yang diduplikat tersebut.

Yang menarik dari cara yang kedua ini adalah, tidak perlu dilakukan pengaturan pada ukuran dokumen seperti cara pertama. Untuk dimensi dan resolusinya, akan mengikuti pengaturan layer pada dokumen asal sebagai referensi utamanya.

Coba saja cek dengan memilih menu Image - Image Size atau Canvas Size. Hasilnya sama dengan pengaturan pada dokumen utama yang diduplikat.

Pengaturan dokumen baru hasil duplikat layer di Photoshop

Kedua cara membuat dokumen diatas sama-sama praktis dan mudah menurut saya. Khusus untuk cara yang kedua ini, sering saya gunakan saat menulis postingan tutorial Photoshop di blog ini karena memang butuh panduan dalam bentuk gambar atau foto. Jadi saya gak perlu lagi mengatur ukuran dokumen.

Bagaimana? Apa ada lagi kira-kira cara ketiga dan yang lainnya? Beritahu saya ya kalau ada.

Baca juga: Cara Undo Sampai 1.000x di Photoshop

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa share.

Komentar

Baca juga: