Dimana Saya Beli Nama Domain Web?

Pengalaman saya membeli nama domain web ini saya lakukan untuk membuat blog agar lebih profesional dan bisa dibangun brandnya seperti nama blog ini. Ada juga beberapa blog lain yang saya miliki termasuk blog personal (pribadi).

Dengan membeli nama Domain Tingkat Atas (TLD: Top Level Domain), siapapun bebas menggunakannya untuk kebutuhan personal branding, situs bisnis seperti toko online atau web company profile dan lain sebagainya.

Beli domain murah dan terpercaya dimana ya?

Contohnya begini:
  • Nama/alamat situs gratis: desainspot.blogspot.com
  • TLD: desainspot.com
Dari namanya saja sudah profesional bukan jika menggunakan nama domain TLD sendiri? Selain itu, akan lebih mudah diingat juga oleh pengunjung.

Coba bayangkan jika ada yang membangun toko online hanya bermodalkan domain gratis seperti contoh diatas. Memang tidak mengapa jika hal itu terjadi. Tetapi, calon pembeli kemungkinan besar akan ragu untuk membeli dari situs tersebut.

Padahal bisnis itu kan menghasilkan profit, masa tidak bisa membeli nama domain online shop yang lebih profesional?

Sementara, biaya yang dikeluarkan itu sangat murah karena minimal dibayar 1 tahun sekali saja.

Nama desainspot.com ini sendiri jika saya tidak salah ingat harganya hanya Rp. 99.000,- Perpanjangan nama domainnya terakhir agak naik menjadi Rp. 140.000,-

Biaya tersebut kalau dibagi dengan 365 hari dalam setahun, maka hanya butuh Rp. 384,- saja per hari.

Sehemat apapun suatu bisnis, pengeluaran per hari yang hanya 300-an Rupiah untuk nama domain itu gak berasa. Bahkan kadang masih mahalan pengeluaran pulsa dalam 1 minggu kayaknya.

Situs mana saja saya membeli nama domain?

Sejauh ini, ada 2 tempat saya membeli atau menyewa domain yang biasanya saya perpanjang tiap 1 tahun sekali ini. Bisa juga diperpanjang 2 atau bahkan 5 tahun sekali. Tergantung dana saja.

Kedua situs rekomendasi saya yang juga masih saya gunakan untuk membeli nama domain website hingga saat ini adalah:
  1. Domainesia.com
  2. Niagahoster.com
Dua-duanya merupakan registrar Indonesia yang terpercaya , profesional dan layanan pelanggan juga selalu tersedia.

Kalau blog ini sendiri dibeli di Domainesia dan registrar tersebut juga adalah tempat pertama kali saya melakukan pembelian domain serta hosting untuk blog lain.

Silahkan berkunjung dan juga mendaftar di Domainesia sekarang juga.

Sewa hosting atau domainnya saja bisa secepatnya maupun nanti. Buat akun saja dulu untuk mengupdate promo penawaran khusus penggunanya.

Selain itu, di Domainesia juga bisa mendapatkan domain secara gratis jika melakukan pembelian hosting. Bagi yang mau buat blog atau toko online menggunakan WordPress, tentu bisa sangat menghemat pengeluaran.

Penawaran domain gratis saat membeli hosting di Domainesia

Khusus untuk Niagahoster juga tetap saya rekomendasikan. Namun lebih baik jika setelah melakukan pembelian dan proses aktivasi domain berlangsung (propagasi domain), baiknya tetap dipantau apakah prosesnya sudah komplit atau belum.

Pengalaman saya menggunakan layanan Niagahoster ini untuk membeli domain blog lainnya adalah proses propagasinya tidak saya perhatikan karena saya serahkan saja pada teknisi atau layanan pelanggan.

Dan ternyata blog tersebut agak lambat. Namun setelah diperbaiki, hanya butuh beberapa menit saja hingga kecepatannya meningkat dan kembali normal.

Hindari membeli domain dan juga hosting dari penyedia abal-abal

Penyedia layanan pembelian domain dan hosting itu ada banyak sekali. Mulai dari perusahaan hingga individu (1 orang saja).

Kalau saya lebih menyarankan untuk membeli dari penyedia dengan skala perusahaan saja. Minimal punya CV dan berbadan hukum seperti kedua registrar yang saya rekomendasikan diatas.

Kalau penyedia domain dan hoting abal-abal ini biasanya berkeliaran di sosial media seperti Facebook dan menawarkan harga yang sangat murah sekali dengan bahasa marketing setinggi langit sehingga banyak yang tergiur.

Padahal layanannya kadang bisa menipu.

Misalnya, bulan pertama kalian tetap bisa login di blog atau akun penyedia domainnya, namun setelah itu gak bisa lagi. Sayang banget kan kalau kontennya sudah banyak namun akhirnya webnya hilang begitu saja.

Layanan scam dari penyedia abal-abal itu juga kadang melakukan pembelian domain menggunakan akun kartu kredit palsu sehingga akses layanannya bisa dihentikan kapan saja kalau ketahuan.

Jadi, lakukan pembelian hanya pada registrar terpercaya saja yang memberikan akses domain dan juga hosting secara penuh ditambah dengan full support/service 24 jam.

Silahkan langsung saja cek penawaran promo dan diskon yang tersedia di Domainesia dan juga Niagahoster untuk mengetahui update harga serta layanan terbaru serta mengamankan nama bisnis dan juga namau sendiri.

Bagikan

Apa Komentar Anda?