Tutorial Efek Foto Halftone di Photoshop

Efek foto Halftone biasanya memiliki ciri khas pada penggunaan titik serupa bulatan kecil yang memiliki keberagaman dalam ukuran, bentuk dan juga jarak. Dan pada tutorial Photoshop kali ini, berikut hasil yang bisa kalian dapatkan.

cara membuat efek foto Halftone di Photoshop

Jika kalian ingin menggunakan gambar yang sama dengan yang saya contohkan ini, silahkan unduh filenya dibawah sesuai dimensi yang saya sarankan:
  • Foto yang digunakan: Girl dengan ukuran 1280 x 853 piksel.
Dari yang saya praktekkan, efek foto Halftone ini bekerja dengan baik pada gambar dengan ukuran lebar lebih dari 1.000 piksel.

Dibawah itu biasanya kurang maksimal karena kerapatan (jarak) antar titik-titik menjadi lebih kecil menyesuaikan dengan ukuran piksel gambar.

Tapi bukan berarti saya larang untuk tidak menggunakan ukuran gambar yang rendah ya. Silahkan saja untuk bereksperimen. Siapa tahu saya keliru karena skill penggunaan Photoshop saya masih kurang.

Cara membuat efek foto Halftone di Photoshop

Jika kalian menggunakan foto yang berbeda, akan lebih baik jika itu adalah foto selfie dengan objek wajah dalam jarak yang dekat dengan kamera atau foto berjenis portrait maupun close-up (makro).

Hal ini dikarenakan objek utama akan dengan sangat jelas menampilkan bentuk titik maupun garis dari efek Halfton tersebut.

Tutorial terkait: Cara Membuat Efek Foto Duotone Unik di Photoshop

Untuk memulainya, silahkan perhatikan dengan baik tahapan-tahapan pembuatannya berikut ini.

1. Merubah foto menjadi Hitam-Putih

Foto berwarna dengan efek Halftone ini memang bisa saja kalian buat. Tapi jika semakin banyak warna, kesan dari titik yang dihasilkan bisa mengurangi fokus dan nilai "ke-keren-an" dari efek tersebut.

Oleh karena itu, saya lebih tertarik untuk membuat fotonya menjadi hitam-putih menggunakan Black & White adjustment layer.

Cara merubah foto menjadi Hitam-Putih dengan adjustment layer

Pengaturan foto Hitam-Putih diatas tidak saya ubah sama sekali sebab wajah objek menjadi sedikit berbeda ketika nilai warnanya berubah.

Jadi dibiarkan sebagaimana pengaturan bawaannya saja.

2. Menambah tingkat kecerahan dan kontras

Efek dari merubah warna foto menjadi Hitam-Putih diatas adalah tone warna gambar menjadi grayscale (abu-abu) serta tampak datar apalagi jika ekspresi objeknya memang sudah seperti itu sejak awal.

Dan untuk membuatnya tampak lebih hidup, saya menggunakan Brightness/Contrast.

Cara meningkatkan kecerahan dan kontras pada foto

3. Membuat layer baru yang akan menjadi lokasi efek Halftone itu sendiri

Sejak proses awal, foto yang akan diedit tidak diduplikat dan tahapan pada panduan ini juga tidak mengharuskan kalian bekerja pada layer foto tersebut.

Untuk memulai membuat efek Halftonenya, buat layer transparan baru dan isi dengan warna 50% Gray (abu-abu).

Cara mengisi warna ini bisa menggunakan menu Edit - Fill atau menekan tombol Shift + F5 pada keyboard.


Setelah itu, ubah layernya menjadi Smart Object dan Blend Mode layer menjadi Hard Mix.

4. Menerapkan 2 filter pada Filter Gallery

Masih pada layer abu-abu, langkah selanjutnya adalah membuka menu Filter - Filter Gallery.

Pada filter ini, kalian akan sekaligus membuat 2 filter yang akan memberikan efek titik-titik dengan ukuran tertentu.

Filter pertama adalah Halftone Pattern dan yang kedua adalah Torn Edges.

Membuat efek Halftone dengan Filter Gallery

Pada proses yang ada digambar, untuk menambahkan filter selanjutnya, langsung klik pada bagian yang diberi nomor 3 dan pilih Torn Edges.

Membuat garis luar pattern Halftone tidak beraturan dengan Torn Edges

Sesuai namanya, filter Torn Edges ini berfungsi agar pola Halftone yang baru dibuat memiliki bagian pinggir yang sedikit "sobek" sehingga titik atau bulatan pola yang dibuat menjadi tidak beraturan (tidak bulat sempurna).

Namun secara umum, pola Halftone-nya tetap terlihat melingkar seperti titik-titik.

Jika sudah, simpan pengaturan kedua filter tersebut dan ubah Fill layer menjadi 70% agar pola yang dibuat lebih nyaman untuk dilihat.

Mengubah Fill layer dan Blend Mode

5. Tambahkan filter Twirl

Efek Halftone yang baru saja dibuat tampak bahwa titik-titiknya tersebar teratur baik secara horisontal maupun vertikal.

Untuk membuatnya memiliki pola persebaran yang lebih dinamis dan terdistorsi, tambahkan filter Twirl dengan mengakses Filter - Distort - Twirl.

Membuat pola Halftone menjadi bergelombang atau dinamis

Pada filter ini, terdapat beberapa pilihan distorsi lainnya. Namun saya hanya menambahkan efek Twirl saja.

Kalau mau menambahkan efek persebaran pola yang lainnya, silahkan saja.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa layer yang diisi dengan warna abu-abu ini diubah menjadi Smart Object sejak awal. Yaitu agar kalian bisa bebas mengubah pengaturan filter yang baru saja dibuat sekaligus bisa menambah atau menguranginya.

6. Menerapkan warna gradasi dengan Gradient Map

Hal terakhir adalah dengan mengubah warna foto yang sudah memiliki efek Halftone dengan warna gradasi jika tidak mengharapkan gambarnya berwarna hitam-putih.

Oleh karena itu, tahapan ini bisa kalian ikuti maupun tidak.

Jika ingin mendapatkan hasil yang sama persis warnanya dengan yang saya gunakan, maka saya menggunakan kombinasi warna hijau tua dan kuning muda dengan kode warna 234447 dan f5fcba.

Cara merubah warna foto dengan Gradient Map

Foto pengaturan Gradient Map diatas sekaligus menjadi akhir dari pembuatan efek foto Halftone menggunakan Photoshop ini.

Sekarang perhatikan hasil yang kalian dapatkan. Kadang, bagian pinggir sebelah kiri dan juga atas mungkin akan sedikit berbeda pola halftonenya. Jika iya, cukup crop saja fotonya supaya lebih menarik secara keseluruhan.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?