Cara Bikin Efek Pantulan Kaca pada Foto

Cara membuat efek pantulan kaca pada foto ini akan menggunakan Photoshop. Bisa memakai versi CS 3 hingga yang terbaru.

Tekniknya adalah dengan menggabung beberapa gambar menjadi 1 dimana pada panduan ini saya cukup menggunakan 2 foto saja.

Konsep Dasar

Pada dasarnya, saya akan membuat efek foto pantulan kaca ini seolah-olah foto yang dihasilkan adalah hasil pemotretan dari luar ruangan pada objek yang terdapat di dalam ruangan (bangunan).

Jadi kesannya, kita di foto dari luar yang dibatasi oleh ruangan yang sekatnya atau pembatasnya adalah kaca.

Ini contoh hasil dalam panduan ini.

cara membuat efek foto pantulan kaca di Photoshop

Dari sanalah pantulan tersebut berasal dan selain tampak seolah seperti kaca, juga akan menampilkan sedikit suasana luar ruangan untuk mendapatkan efek pantulan yang lebih realistis.

Cara menambahkan efek pantulan kaca pada foto menggunakan Photoshop

Kalian pasti sudah tahu kan cara memasukkan beberapa foto di Photoshop dalam 1 dokumen yang sama?

Jadi silahkan untuk memuat terlebih dahulu kedua foto yang akan di-edit

Pasti tahu juga kan kalau objek utama foto akan dijadian sebagai layer Background (dibuka pertama kali) dan yang bertindak sebagai pantulan kaca sekaligus gambaran suasana diluar ruangan adalah foto kedua.

Lalu, ikuti beberapa tahapan berikut ini.

1. Ubah ukuran foto pada layer kedua yang dimuat

Saat akan memuat foto kedua (luar ruangan), biasanya Photoshop juga akan secara otomatis mengaktifkan tool transformasi yang memungkinkan untuk melakukan perubahan ukuran gambar.

Pada tahap ini, kalian cukup menyesuaikan ukuran foto kedua ini dengan yang pertama atau juga ukurannya, boleh.

Merubah ukuran foto yang dijadikan sebagai pantulan kaca

Jika nanti ukurannya tidak sesuai atau akan diubah lagi, biar nanti saja baru dilakukan pada tahap selanjutnya.

Dan pada tahap ini juga, pastikan bahwa layer foto kedua tersebut sudah diubah menjadi Smart Object.

Pada foto diatas, tampak bahwa foto yang akan digunakan sebagai efek pantulan kaca memiliki tone warna yang lebih gelap dari objek utama pada layer background.

Hal tersebut tidak mengapa karena nanti akan kita lakukan perubahan pada Blend Mode di langkah selanjutnya agar tone warnanya sesuai dengan foto utama.

2. Merubah Blend Mode menjadi "Screen" dan menerapkan filter"Gaussian Blur"

Setelah transformasi selesai dilakukan, maka masih pada layer yang sama (foto kedua), silahkan ubah Blend Mode layernya menjadi Screen agar kedua foto bisa tampak menyatu dengan baik.

Ingat bahwa karena kalian akan menggunakan foto yang berbeda, silahkan merubah ke mode lainnya untuk mendapatkan efek "tumpang-tindih" gambar yang sesuai.

Gak harus menggunakan Screen namun biasanya, efek Blend Mode tersebut memang sangat saya rekomendasikan untuk dicoba pertama kali.

Setelah itu, terapkan filter blur dengan mengakses menu Filter - Blur - Gaussian Blur.

Memberikan efek blur pada efek pantulan kaca

Penggunaan filter ini berfungsi agar gambar pantulan kaca tidak mendominasi gambar utama. Dan pada realitanya, efek pantulan juga memang menampilkan gambar yang sedikit blur karena adanya jarak antara kaca dan objek yang berada di luar ruangan.

Jadi, kombinasi perubahan Blend Mode dan juga Gaussian Blur diatas akan tetap memberikan kesan pantulan kaca yang cukup realistis.

Tips:
  • Coba pilih Blend Mode lainnya untuk menemukan efek penggabungan gambar yang lebih menarik namun tetap memberikan kesan dan efek pantulan kaca yang diinginkan.
  • Kurangi persentase Fill jika gambar pantulannya "mengganggu" tampilan objek utama.
  • Ubah arah gambar (Flip Horizontal) untuk menemukan tampilan pantulan kaca yang lebih cocok.

3. Gunakan "Levels" jika pantulan kaca terlalu terang atau mengalihkan fokus dari objek utama

Sekarang lihat hasil yang kalian dapatkan! Kira-kira sudah pas? Jika belum, tambahkan adjustment layer baru yaitu Levels jika tampilan gambar terlalu terang, gelap atau objek pantulannya terlalu ramai (banyak objek).

Posisi layer Levels ini berada paling atas dan jangan lupa untuk mengaktifkan Clipping Mask agar hanya mempengaruhi 1 layer yang berada dibawahnya (layer foto kedua) saja.

Merubah kecerahan gambar pantulan kaca dengan Levels

Sambil kalian menggulir atau menggeser pengaturan pada Levels ini, lihat langsung bagaimana hasilnya pada gambar untuk menemukan pengaturan yang pas.

Jika sudah, maka tinggal menyimpan file hasil akhir saja ke format yang diinginkan karena ini juga sudah merupakan akhir dari panduan pembuatan efek pantulan kaca pada foto menggunakan Photoshop.

Komentar

Baca juga: