3 Cara Membuat (+) Layer Baru di Photoshop

Cara membuat layer baru di Photoshop itu bisa menggunakan beberapa metode.

Namun perlu saya ingatkan bahwa konteks "membuat" disini memiliki makna untuk menambah layer pada file atau dokumen yang sudah ditampilkan. Baik itu ketika sudah membuka foto atau desain di Photoshop, maupun membuat dokumen baru.

Juga, layer baru yang akan dibuat nantinya adalah layer yang transparan. Tidak ada isinya (kosong) dan bukan hasil duplikat maupun hasil copy-paste gambar dari layer yang sudah ada.

Untuk membuat dan menambah (+) layer baru di Photoshop ini, coba buka dulu 1 gambar atau buat dokumen baru untuk mengikuti panduan ini.

Setelah itu, pilih salah satu metode dibawah ini.

1. Menggunakan menu New - Layer

Jika ingin membuat layer baru menggunakan menu yang ada di Photoshop, maka yang akan dipilih adalah Layer - New - Layer yang pintasan keyboardnya adalah Shift + Ctrl + N.

Membuat layer baru dengan menu New Layer Photoshop

Seperti yang tampil pada panduan dalam gambar diatas, memilih menu yang dimaksud akan mengarahkan kalian pada pengaturan layer dimana saya hanya mengubah nama layernya dan membiarkan setingan lainnya apa adanya.

Caramerubah nama layer baru di Photoshop

Setelah itu klik Ok dan kemudian lihat bahwa layer barunya sudah ada pada Pallete layer (Panel) di Photoshop.

2. Membuat layer baru melalui panel layer

Cara kedua adalah menggunakan tool Create new layer yang ada di panel/pallete yang memang secara khusus salah satunya tersedia untuk menambah layer transparan baru.

Berikut tahapannya.

Cara menambah layer baru di Panel Layer Photoshop

Penggunaan tool ini saya rasa yang paling mudah dan juga paling cepat dibandingkan dengan cara pertama diatas karena prosesnya yang singkat.

Jadi, jika ingin lebih produktif dalam bekerja menggunakan Photoshop, saya sarankan untuk menggunakan metode kedua ini.

3. Menambah layer baru yang otomatis ditempatkan dibawah layer lain.

Baca juga: Cara Copy Potongan atau Bagian Tertentu di Photoshop

Jika diperhatikan, setiap menambah layer transparan baru menggunakan 2 cara diatas, maka penempatan layernya akan secara otomatis berada diatas layer lainnya.

Jika ingin merubah posisi layernya, proses yang biasa dilakukan adalah dengan memilih layer yang akan dipindahkan (klik) kemudian tahan lalu menggeser posisinya ke atas atau bawah sesuai lokasi yang diinginkan.

Tapi, bagaimana jika kalian ingin membuat layer baru yang posisinya secara otomatis berada dibawah layer lain tanpa menggesernya?

Bisa!

Yaitu dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard sambil memilih Create new layer pada panel seperti pada contoh metode 2 diatas.

Cara membuat layer baru langsung berada dibawah layer lain di Photoshop

Jadi caranya adalah kombinasi cara kedua dengan penggunaan tombol keyboard yaitu Ctrl.

Syarat utama penggunaan teknik ini adalah minimal sudah terdapat 2 layer lainnya pada dokumen Photoshop. Kalau yang ada hanya layer Background yang terkunci saja, maka teknik ini tidak bisa digunakan.

Namun jika sudah ada 2 layer lainnya seperti contoh diatas yang menampilkan layer background dan juga teks (bisa juga jenis layer lain), maka teknik pembuatan layer baru yang ketiga ini bisa dilakukan untuk mendapatkan posisi layer pada bagian bawah layer lainnya yang dipilih.

Tutorial lain: Cara Atasi "Smart Object is not Directly Editable"

Demikian 3 cara membuat dan menambah (+) layer baru di Photoshop ini. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Yuk, share!

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?