Efek Sudut Foto Melengkung/Bulat di Photoshop

Ada beberapa cara untuk membuat pinggiran atau sudut foto menjadi melengkung atau bulat (round corner) di Photoshop. Salah satunya adalah dengan melakukan seleksi berbentuk bulat lalu menghapus bagian foto tersebut dan mulai menyimpannya.

Saya akui bahwa cara tersebut memang cepat dan juga sangat praktis.

Akan tetapi, bagaimana jika di lain hari, kalian ingin membuat pinggiran fotonya berbentuk jajar genjang, melingkar sepenuhnya, segitiga dan berbagai bentuk lainnya yang mungkin lebih kompleks?

Maka cara seperti menghapus bagian pinggiran gambarnya saja itu akan semakin susah untuk diterapkan seiring dengan rumitnya bentuk sudut foto yang diinginkan.

Cara membuat efek pinggiran foto melengkung/bulat di Photoshop

Oleh karena itu, dibutuhkan cara lain yang juga tetap mudah untuk dilakukan. Tidak hanya untuk membuat bagian pinggir foto berbentuk melengkung dan bulat sederhana, namun bisa juga diaplikasikan pada bentuk lain yang berbeda seperti misalnya jajar genjang dan lain sebagainya.

Untuk hasil dari panduan ini, berikut yang saya dapatkan.

Cara membuat efek pinggiran foto melengkung/bulat di Photoshop

Jika tertarik mengenai gimana dan apa saja yang harus dilakukan, ikuti tahapan dibawah ini.

1. Memasukkan foto dan menyiapkan layer yang dibutuhkan

Jika kalian sudah membuka atau import foto di Photoshop, langsung duplikat layer foto tersebut dan ubah namanya menjadi "foto." Tidak diubah nama layernya juga tidak apa-apa, yang penting harus di-duplikat.

Gunakan tombol Ctrl + J atau klik kanan pada layer foto dan pilih Duplicate Layer untuk melakukannya.

Setelah itu, hapus layer Background foto asli dan ganti dengan membuat layer baru yang berisi warna putih atau warna apapun. Tempatkan layer baru tersebut paling bawah dan ubah namanya menjadi "background."

Lihat gambar ini.

Persiapan layer untuk foto yang akan dibuat pinggirannya menjadi bulat

Jika tidak ingin menduplikat layer foto, bisa juga dengan hanya membuka kunci layer (ikon gembok) dengan cara klik 2x pada layer tersebut dan pilih Ok lalu tambahkan layer baru seperti gambar diatas.

2. Membuat objek dengan sudut melengkung menggunakan Rounded Rectangle Tool

Pilih Rounded Rectangle Tool dan tentukan sudut Radius dengan memasukkan nilainya. Setelah itu, klik pada bagian dalam kanvas untuk mulai membuat shape-nya.

Mulai membuat shape dengan sudut yang melengkung di Photoshop

Penting!
Pengaturan nilai Radius untuk panduan ini wajib dilakukan karena setingan tersebutlah yang akan mengatur seberapa besar atau kecil sudut lengkungan objek.

Semakin besar nilai piksel pada Radius, semakin jauh dan besar pula sudut lengkungan ketika objek Shape-nya sudah dibuat dan sebaliknya.

Dicoba saja dulu! Kalau belum sesuai lengkungan atau bentuk sudut bulatannya, buat objek Shape baru lagi dengan nilai radius yang berbeda.

Serta, jangan lupa juga untuk mengatur posisi objek ke tengah kanvas agar objek utama foto nanti bisa ditampilkan dengan baik.

3. Memasukkan foto kedalam Shape dengan Clipping Mask

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan klik kanan pada layer foto, kemudian pilih Create Clipping Mask.

Cara menampilkan foto dengan sudut melengkung dengan Clipping Mask Photoshop

Penggunaan perintah Clipping Mask ini bertujuan untuk memerintahkan Photoshop bahwa kalian ingin memasukkan foto dalam objek pada layer yang berada dibawahnya yaitu layer Shape dengan sudut bulat yang dibuat pada langkah ke-2 diatas.

Dan jika diperhatikan, maka layer foto pun menampakkan ikon baru yaitu tanda panah kearah bawah layernya.

Itu juga berarti bahwa bagian foto yang akan ditampilkan adalah bagian yang posisinya sesuai dengan posisi Shape. Itulah mengapa pada langkah kedua saya ingatkan untuk mengatur posisi shape dan langkah lainnya saya tampilkan susunan layernya.

Dan pembuatan sudut foto menjadi melengkung seperti ini juga sangat mirip dengan cara memasukkan foto kedalam teks di Photoshop karena sama-sama memanfaatkan Clipping Mask.

Hasil akhirnya tampak bahwa gambar seolah memiliki bingkai (frame) dengan sudut yang bulat, jika background putih seperti yang saya contohkan tidak ingin ditampilkan, silahkan melakukan crop pada foto dan hapus layer putih tersebut kemudian simpan gambar dengan format PNG.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?