Cara Meletakkan Foto Bersebelahan di Paint

Awalnya saya kira kalau menggunakan Paint itu tidak bisa untuk menggabung beberapa foto karena editor grafis ini sangat sederhana dan memang minim tool. Tapi ternyata saya salah sebab untuk meletakkan foto bersebelahan atau berdampingan satu sama lain itu sangat mudah.

Meskipun sangat berbeda dengan cara menggabung foto di Photoshop karena tersedianya fungsi layer, menggunakan Paint masih memungkinkan untuk mencapai tujuan yang sama dengan segala keterbatasannya.

Misalnya saja saat akan mengubah ukuran gambar agar lebih proporsional–di editor foto lainnya termasuk juga ketika menggunakan Microsoft Office Word–kombinasi penggunaan tombol Shift saat merubah ukuran gambar bisa membantu untuk mempertahankan proporsionalitas sebuah gambar.

Tapi itu tidak terjadi di Paint karena harus pakai perasaan dan kehati-hatian yang ekstra.

Sama halnya jika ingin membuat beberapa foto atau teks dengan posisi rata tengah dan berbagai sudut lainnya, setahu saya di Paint belum memungkinkan.

Cara membuat beberapa foto berdampingan di Paint

Menggabung atau membuat foto berdampingan menggunakan Paint bisa ditampilkan bersebelahan secara kanan-kiri, atas-bawah, maupun diagonal atau secara acak sesuai keinginan kita.

Dan pada panduan kali ini, contoh yang akan saya berikan adalah meletakkan 3 foto dengan posisi (layout) tertentu yang nantinya bisa disimpan menjadi 1 foto saja.

Tampilan hasil akhir dari foto yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

cara menggabung atau membuat foto berdampingan di Paint

Tertarik untuk mencoba? Yuk baca tahapan selengkapnya dibawah ini!

1. Membuka foto pertama di Paint

Karena foto yang saya gunakan memiliki 1 gambar dengan tampilan portrait dan 2 gambar yang ditampilkan secara landscape, maka saya memutuskan untuk membuka foto dengan tampilan portrait sebagai foto utama.

Hal ini saya lakukan karena dalam bayangan saya, tampilan foto nantinya akan seperti contoh layout hasil akhir diatas dan juga sebagai patokan untuk posisi penempatan foto lainnya.

foto pertama yang dimuat di Paint

Untuk membuka foto di Paint, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu:
  1. Temukan foto pertama yang ingin dibuka di Paint di folder laptop anda lalu klik kanan dan pilih Edit. Nanti otomatis terbuka di Paint.
  2. Buka Paint lalu pilih menu File - Open dan temukan dimana lokasi penyimpanan foto yang akan dimuat.

2. Mengubah ukuran kanvas menjadi lebih besar

Karena akan ada beberapa foto tambahan yang akan digabung nanti, maka ukuran kanvas (lembar kerja) harus dibesarkan biar muat.

Untuk melakukan hal tersebut, pada bagian bawah sudut kanan foto terdapat kotak kecil yang bisa diklik lalu digeser arahnya untuk memperluas kanvas.

Cara merubah ukuran kanvas di Paint

Mengenai besaran kanvasnya, pikirkan saja bahwa ukurannya bisa memuat semua foto yang akan ditampilkan secara berdampingan nantinya. Saran saya, mending dibuat lebih besar daripada pas, supaya bisa diedit lagi dengan cara crop.

3. Merubah posisi atau letak foto pertama (opsional)

Apakah letak foto pertama yang dibuka sudah sesuai?

Jika tidak, anda bisa memilih untuk menggeser posisinya sesuai yang diinginkan seperti yang juga saya lakukan.

Hal ini juga saya terapkan dengan tujuan agar hasil akhirnya nanti bisa menampilkan foto seolah memiliki bingkai (frame) dengan memanfaatkan warna latar pada kanvas.

Dan, bisa juga untuk membuat foto terlihat memiliki area yang lebih luas (lega) dan juga menambah titik ketertarikan tertentu.

Untuk menggeser posisi foto pertama ini, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah memilih Select - Select All.

Cara seleksi kanvas di Paint untuk merubah ukurannya

Memilih menu tersebut akan membuat seluruh area kanvas terseleksi. Setelah itu, arahkan kursor mouse pada foto yang akan digeser letaknya lalu klik dan tahan kemudian tempatkan pada area kanvas yang diinginkan.

Menggeser letak foto pada kanvas di Paint

4. Menambah foto lainnya menggunakan Paste from

Kalau diartikan secara bahasa, paste from bisa kita terjemahkan sebagai "tempelkan dari." Biasanya, paste kita gunakan setelah melakukan copy. Tapi tidak untuk di Paint. Tidak perlu melakukan copy terlebih dahulu.

Alat ini justru berfungsi untuk menambah foto lain kedalam kanvas yang sama (tidak terpisah).

Cara menggunakannya adalah dengan memilih Paste - Paste from lalu pilih foto kedua yang akan dimuat di Paint.

Cara memasukkan gambar lain di Paint dengan Paste from

Setelah foto kedua ini terbuka, anda bisa langsung mengubah ukuran gambarnya dan juga memilih mau menempatkannya dimana.

Tampilan foto yang sudah digabung di Paint

Lakukan hal yang sama untuk menambahkan foto lainnya (gambar ke-3 dan seterusnya) serta sesuaikan posisi atau tata letaknya.

Tampilan semua foto bersebelahan di Paint

5. Mengubah warna latar kanvas (jika perlu)

Jika tidak mengharapkan warna latar kanvas bawaan (putih), anda bisa merubahnya menggunakan tool Fill with color. Berikut caranya.

Tahapan merubah warna latar kanvas di Paint

6. Crop untuk merapikan gambar

Tahap selanjutnya adalah memotong (crop) gambar agar lebih rapi karena mungkin terlihat di bagian samping atau atas-bawah kanvas tidak memiliki spasi (jarak) yang sesuai.

Caranya, pilih Select lalu lakukan seleksi pada area kanvas yang diinginkan kemudian pilih Crop.

Cara memotong atau crop foto di Paint

7. Simpan

Untuk mulai menyimpan gambar yang sudah berdampingan satu sama lain tersebut, tinggal pilih menu File - Save as lalu pilih format foto yang akan digunakan dan tentukan akan disimpan di folder yang mana.

Selesai.

Baca juga:
Sebagai tip tambahan, kalau bekerja dengan ukuran gambar yang terlalu besar, baiknya tampilkan kanvas menjadi lebih kecil menggunakan Zoom out agar seluruh area kanvas terlihat semuanya.

Komentar

Baca juga: