Cara Tak Terduga Mendapatkan Backlink

Backlink sudah sangat terkenal sebagai salah satu teknik optimasi (SEO) blog atau website yang sangat powerful untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Untuk mendapatkannya, bisa dikatakan susah-susah gampang.

Saya sebelumnya bahkan harus membangun PBN yang tentu saja hal itu sangat sulit jika dilakukan sendiri.

Membeli backlink pun sudah pernah saya terapkan dan itu butuh dana yang lumayan.

Dan akhirnya, saya menemukan 3 teknik dimana salah satunya cukup tak terduga namun backlink yang saya dapatkan cukup berkualitas dari blog lain yang Domain Authority-nya cukup besar.

Cara tak terduga mendapatkan backlink blog

Dan sebelum saya menguraikan apa yang saya lakukan, perlu diingat bahwa saya tidak menjamin jika hasilnya akan sama.

Akan tetapi, menurut saya sangat layak dicoba karena hal ini mudah dilakukan oleh blogger bahkan pemula sekalipun yang merasa bahwa blognya tidak terkenal dan baru berisi beberapa artikel saja.

Tenang saja, saya tidak akan mengajarkan anda cara menulis artikel SEO yang super lengkap maupun dengan pembahasan yang mendalam.

Terlalu repot kalau harus begitu.

Blognya juga tidak harus membeli domain TLD dulu karena mau menggunakan yang subdomain gratis juga tidak ada bedanya.

Tapi, selain sudah harus ada artikel yang dipublikasikan di blog anda, ada 2 syarat lain yang juga perlu untuk dipenuhi.

Apa itu?

Tahap persiapan sebelum 'berburu' backlink

Ini juga mudah kok. Saya juga gak tertarik memberikan persyaratan yang sulit diterapkan. Persiapan yang saya maksudkan adalah:

  1. Lengkapi blog anda dengan halaman Kontak.
  2. Jangan lupa juga membuat halaman About.

Kalau masih bingung, lihat saja contoh pada blog ini. Untuk halaman kontak, sebenarnya gak perlu-perlu amat.

Tapi demi meningkatkan kepercayaan pembaca maupun pengelola blog lain yang akan kita 'incar' blognya sebagai sumber backlink, lakukan saja.

Toh membuatnya gak harus berpikir secara mendalam, kan?

Dan juga, sangat saya rekomendasikan bahwa pada halaman About, tampilkan foto anda supaya yang akan mengunjunginya benar-benar berpikir bahwa blog tersebut bukan PBN maupun hasil dari robot AGC.

Jangan lupa juga link menuju akun sosial media jika ada karena hal itu juga bisa membantu dalam meningkatkan nilai kepercayaan pengunjung.

Intinya satu, bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan pengunjung terhadap suatu blog dengan memanfaatkan halaman blog itu sendiri. Tidak hanya konten artikel saja.

Supaya apa?

Tujuan utamanya adalah agar pengelola blog lain juga diharapkan menaruh kepercayaan yang sama terhadap blog anda sehingga tidak ragu untuk memberikan backlink.

Jika tertarik, berikut pengalaman saya mendapatkan backlink natural dari blogger lain. Baca baik-baik dan usahakan tidak ada satu pun kata yang terlewatkan jika anda menganggap hal ini penting.

Teknik #1 - Sering-sering berkomentar di blog lain

Anda pasti sudah tahu tentang sumber backlink dari kolom komentar, kan? Minimal yang teks jangkarnya (anchor text) menggunakan nama profil dan tautan menuju blog anda.

Tapi, saya tidak sedang membicarakan backlink hasil blogwalking disini meskipun hal itu juga bisa tetap dihitung.

Yang saya maksudkan berdasarkan apa yang sudah dilakukan sebelumnya adalah semakin sering anda memberikan komentar yang bermanfaat dan relevan dengan konten blog orang lain, maka pemilik blog lain juga kemungkinan besar akan semakin tertarik untuk mengunjungi blog anda.

Saat hal itu terjadi, anda sudah bisa mendapatkan backlink dari profil saat berkomentar dan juga pengunjung.

Di saat yang sama, pemilik blog tersebut juga berpeluang membaca tulisan anda. Semakin menarik, semakin bagus.

Dari hal ini maka ia juga akan tertarik mengetahui siapa anda. Bahkan mungkin akan menghubungi anda langsung.

Itulah pentingnya halaman kontak dan about yang saya sebutkan sebelumnya.

Semakin sering berkomentar, semakin bagus karena perkenalan anda dengan blogger lain akan dimulai disana.

Dengan begitu, biasanya nih, blogger lain juga akan sering datang ke blog anda bahkan tanpa diundang dan sesekali juga meninggalkan komentar.

Pengalaman berinteraksi seperti ini akan membuat blogger lain untuk menulis konten yang merujuk ke blog anda. Dan itu juga yang saya lakukan.

Teknik #2 - Berikan bantuan berkesan meskipun hanya dalam bentuk informasi

Pernah ada salah satu blog dengan skor DA/PA yang lebih besar dari blog saya yang tampilan blognya itu terganggu (terjadi error).

Sebagai blogger yang tidak begitu paham bagaimana cara membuat desain blog dan juga tidak ahli dalam hal web development, tentu saya tidak tahu penyebab kenapa masalah seperti itu terjadi dan juga otomatis gak paham apa solusinya.

Dan sebagai pengunjung (pembaca) saat itu, saya bisa saja tidak peduli dan pergi begitu saja.

Namun, saya berpikir bahwa bisa jadi pemilik blog tidak tahu-menahu akan hal tersebut. Mungkin lagi sibuk atau gimana, yekan?

Kemudian, saya memutuskan untuk menginformasikan mengenai apa yang saya alami di blognya dengan mengontaknya secara langsung dimana pesan saya mendarat di email sang pengelola blog.

Sepertinya tidak sampai 1 jam, akhirnya tampilan blog tersebut sudah normal dan beberapa jam kemudian, hal yang tak pernah saya duga terjadi.

Si pemilik blog memutuskan untuk menerbitkan artikel tentang apa yang saya lakukan dan dalam tulisannya ia tidak hanya menyebut nama saya namun juga memberikan backlink berkualitas ke blog yang saya kelola.

Lakukan hal yang sama yaitu berikan bantuan ke blogger lainnya dalam bentuk apapun yang anda mampu.

Misalnya coba lihat dan analisa kira-kira ada masalah apa di blog orang lain, apa yang kurang atau yang perlu ditingkatkan dan lain sebagainya.

Yakinlah bahwa akan ada kok orang-orang (blogger) yang bisa mengapresiasi bantuan tersebut dengan balasan yang lebih baik lagi seperti yang pernah saya alami.

Teknik #3 - Jangan menunggu, berikan backlink lebih dulu pada blog lain

Kita percaya bahwa "memberi lebih baik daripada menerima." Sayangnya, urusan optimasi blog melalui backlink, beberapa blogger diantara kita kadang masih enggan untuk memulainya.

Kita berharap diberikan tautan-balik lebih dulu tanpa perlu melakukan hal yang sama dengan keyakinan bahwa hal itu sangat ideal dari perspektif SEO.

Apalagi kalau blogger yang menganggap dirinya sebagai master sudah menyarankan bahwa one-way link itu lebih baik daripada two-way link.

Ditambah dengan adanya kepercayaan bahwa jika kita sering memberikan backlink ke situs lain, maka DA/PA blog juga akan terpengaruh (skornya menurun) yang pada kenyataannya kadang tidak terjadi sama sekali.

Pengalaman saya membuktikan bahwa, jika saya memberikan backlink lebih dulu, apalagi jika menginformasikan situs yang dirujuk bahwa saya melakukan hal tersebut, kadang pengelola situs atau blogger lain juga akan melakukan hal yang sama.

Hal ini sangat saya rekomendasikan bagi blogger pemula yang pengunjung blognya masih sangat sedikit.

Kenapa?

Bayangkan saja jika backlink yang didapatkan nantinya berasal dari blog dengan trafik yang ramai. Selain dapat backlink, blog anda juga bisa 'kecipratan' pengunjung baru dari sana.

Dan selama link tersebut masih ada, bukankah selama itu pula peluang mendapatkan pengunjung akan tetap ada? Tujuan SEO itu kan akhirnya untuk mendapatkan pengunjung juga kan?

Itulah Referred Traffics yaitu sumber pengunjung dari blog/situs lain. Jadi jangan hanya fokus pada pengunjung dari mesin pencari saja.

Dan yang penting juga untuk diketahui dari ke-3 teknik diatas, kalaupun pahit-pahitnya anda tidak mendapatkan backlink sama sekali, bisa jadi blogger yang anda incar tersebut akan membagikan link artikel anda di akun sosial medianya sehingga blog anda tetap bisa mendapatkan pengunjung.

Bagikan

Apa Komentar Anda?